Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memancing untuk Pemula agar Mendapat Banyak Ikan

 

 


 

Memancing ikan tentu saja merupakan aktivitas seru dan menyenangkan untuk mengisi waktu luang kita sebagai pekerja . Selain itu, jika berhasil memperoleh ikan akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemancing.

Akan tetapi, bagi pemancing pemula seperti saya, memancing bisa jadi hal yang sangat rumit. Percayalah hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Lets say, mulai dari alat memancing yang tidak murah, umpan, kapal yang harus disewa, pemilihan tempat/spot memancing hingga teknik memancingnya.

 

Nah, biar  pada nggak kesusahan dan bisa mendapatkan ikan, sini saya beberkan  beberapa tips memancing yang bisa  di ikuti. Apa saja sih? Simak sampai selesai ya!

 

1. Tentukan Spot atau tempat yang strategis

Tempat yang pas pada saat memancing tentu sangat berpengaruh pada kenyamanan pada saat memancing dan jumlah ikan yang kamu dapat. Pasalnya, saat memancing kamu menghabiskan banyak waktu di sana sehingga rasa nyaman dan aman memang wajib di utamakan.

Bagi para pemula disarankan untuk memancing di waduk, kolam, atau sungai karena lebih aman dan tidak ribet seperti memancing di laut. Tapi apabila tempat tinggalmu berdekatan dengan laut tak masalah kog apabila memancing di pinggiran laut. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai tersangkut dengan karang. Nggak lucu kan belum-belum dapat ikan pancingan sudah tersangkut hingga harus berkorban kail serta pemberat.

 

2. Pilih umpan yang akan gunakan

Setelah mengetahui  spot / tempat memancing yang tepat, langkah berikutnya adalah lihat kira-kira jenis  ikan apa saja yang terdapat di lokasi tersebut. Dengan mengetahui jenis ikan, akan membantu menentukan jenis kail, umpan, dan joran pancing.

Jika di tempat tersebut dihuni banyak ikan nila, patin, mujaer, atau gurame, kamu bisa menggunakan pelet, roti tawar ataupun mie instan.  Namun, jika di lokasi tersebut dihuni banyak ikan lele atau gabus gunakan cacing tanah dan jangkrik.

Berbeda lagi kalau ingin memancing di laut lepas/pinggiran bisa menggunakan filet ikan segar, udang hidup, udang kupas ataupun cumi-cumi.

 

3. Waktu Memancing

Sama seperti manusia, Ikanpun juga punya waktu tertentu saat keluar dan mencari makan. Biasanya ikan keluar saat menjelang pagi dan sore, sehingga dua waktu itu bisa jadi waktu terbaik buat kamu memancing.

Respons ikan saat diberi umpan di dua waktu tersebut juga terbilang baik. Makanya, kemungkinan kamu memperoleh ikan jauh lebih besar. Selain itu, memancing di waktu pagi atau sore juga tidak terlalu panas.

Namun ketika kamu mamancing di laut, hal itu tidak juga menjadi patokan yang tepat. Bahkan pernah panen banyak ikan di malam hari. Biasanya memang siang hari agak sedikit ikannya.

 

4. Gunakan  alat pancing yang sesuai

Alat pancing yang tepat memang mempengaruhi hasil pancinganmu. karena setiap lokasi dan jenis ikan yang berbeda tentu saja sangat mempengaruhi alat yang harus digunakan untuk memancing.

Jika memutuskan memancing di laut dengan ikan besar, maka wajib hukumnya memakai joran, senar, pemberat dan kail yang berkekuatan tinggi. Pun saat memancing di kolam pemancingan, sungai, atau tempat yang jenis-jenis ikannya kecil, gunakan peralatan yang lebih sederhana dan tidak perlu yang berkekuatan tinggi serta pemberat diganti dengan pelampung.

 

5. Tunggulah dengan sabar dan hentakkan joran jika ikan menggigit kail

Bagi para pemancing pemula, hal yang sering dialami adalah merasa tidak sabar untuk mendapat ikan. Padahal memancing adalah olahraga kesabaran dan fokus untuk mendapatkan ikan.

Jika pelampung terlihat masuk ke dalam air usahakan segera hentakkan joranmu agar ikannya tersangkut dengan kailmu. karena, jika tidak segera kamu hentakkan, umpanmu sudah terlanjur dihabiskan dan ikan tidak jadi tersangkut.

Penutup

Demikian beberapa tips bagi pemancing pemula agar cepat mendapatkan ikan. Nah, agar skill memancingmu semakin handal, tambah intensitas memancingmu ya. Selamat mencoba!

 

 

Aisyah Dian
Aisyah Dian Aisyah Dian - Blogger Indonesia. Contact me : aisyahdianbpn@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Memancing untuk Pemula agar Mendapat Banyak Ikan"