Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Insto Dry Eyes Resiko Mata kering yang Jadi Drama

 



Kehadiran Insto Dry Eyes kini menjadi sangat penting dalam hidupku. Sejak bulan lalu aku mengalami mata kering. Kondisinya kian parah setelah aku diamkan beberapa hari tanpa pengobatan.

Aku pikir, ah nanti juga pasti sembuh sendiri. Dulu-dulu juga sama kog bakalan sembuh juga. Hingga suatu pagi aku bangun tidur dengan kondisi mata yang iritasi parah, hingga langsung dibawa ke dokter mata di RSKD Balikpapan.

Menurut dokter yang memeriksa waktu itu aku terkena komplikasi mata kering. Seharusnya jika tepat waktu diobati hal ini dapat diobati dengan Insto Dry Eyes. Tentu saja sakitnya nggak akan separah ini. Namun karena aku mengabaikannya pengobatannya menjadi makin susah dan lama.

Gejala mata Kering

Sebenarnya aku sudah mengalami gejala mata kering yakni mata menjadi pegel, mata terasa sepet, dan mata menjadi kering. Namun karena berbagai kesibukan aku mengabaikannya.

Sesaat akupun menjadi sangat menyesal. Kalau sudah begini aku harus mencari solusi mata kering yakni dengan menyediakan Insto Dry Eyes di rumah agar  jika terjadi gejala yang sama dapat segera diobati dan tidak bertambah parah kondisinya.

Mata kering sendiri merupakan kondisi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan cukup dari air mata. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata bahkan bisa merusak lapisan bening di bola mata yang berakibat pada gangguan penglihatan.




Berikut merupakan gejala yang umumnya dialami ketika mata kering.

1. Mata merah

2. Mata terasa panas atau terbakar

3. Gatal

4. Mata terasa seperti berpasir atau ada yang mengganjal

5. Mata berair karena iritasi pada mata

6. Sensitive terhadap sinar matahari

7. Penglihatan buram fluktuatif (memburuk ketika membaca, bekerja dengan computer, menyetir kendaraan, menonton televisi, dan sebagainya)

8. Lendir di dalam atau sekitar mata, terutama saat bangun tidur

9. Mata terasa sakit atau berat

10. Mata terasa  cepat lelah

Bahaya mata kering

Kondisi mata kering ini jika tidak segera diobati dapat memicu terjadinya sejumlah gangguan  mata lainnya. Berikut beberapa jenis gangguan mata yang terjadi akibat mata kering.

1. Infeksi mata

Fungsi air mata adalah untuk membasahi permukaan mata agar tetap lembab dan bersih dari deb, serpihan dan mikroorganisme yang dapat merusak korne mata. Jika mata kering maka akan sangat mudah untuk mata terinfeksi hal-hal yang datang dari luar seperti polusi dan bakteri.

2. Kerusakan kornea mata

Mata kering yang tak segera diobatai akan menimbulkan rasa gatal dan perih.  Saat kondisi ini terjadi beberapa orang akan menggosok mata mereka. Hal ini menyebabkan goresan pada lapisan kornea mata.

Luka kecil akibat goresan ini biasanya dapat sembuh sendiri. Namun goresan yang lebih dalam atau cedera lain dapat menyebabkan jaringan parut kornea dan masalah penglihatan.

3. Kehilangan penglihatan

Hal yang satu ini memang jarang sekali terjadi. Namun jika kondisi mata kering terus menerus diabaikan maka resiko untuk mengalami pengaburan dalam penglihatan akan terus meningkat.



Penyebab Mata Kering 

Penggunaan teknologi  modern seperti computer dan smartphone memang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.  Hal ini menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, termasuk mata kering atau yang populer disebut dry eyes. Diantaranya penyebab mata kering adalah

1.Kurangnya Berkedip

Pada saat fokus menatap layar, kebiasaan berkedip menjadi berkurang. Sementara berkedip ini ternyata penting sekali untuk melumasi mata. Kurangnya berkedip dapat menyebabkan mata menjadi kering.

2. Paparan Cahaya Biru:

 Layar perangkat elektronik menghasilkan cahaya biru yang dapat merusak lapisan air di mata. Paparan berlebihan dapat menyebabkan mata kering dan iritasi.

3. Posisi Monitor yang Salah

 Posisi monitor yang tidak tepat dapat menyebabkan mata bekerja lebih keras, meningkatkan risiko mata kering. Pastikan monitor berada pada tingkat mata dan jarak yang tepat.

Cara Jitu Mengatasi Mata Kering ala aku

Setelah saya tahu bahwa saya mengalami mata kering yang pertama-tama saya lakukan adalah saya mengistirahatkan mata. Seharian penuh saya tidak lagi menatap layar. Baik layar laptop, komputer maupun ponsel. Saya menghabiskan waktu untu istirahat yang cukup. Berkebun, melihat-lihat tanaman bunga yang mekar untuk memanjakan mata saya.

 Selama bekerja di depan layar saya melakukan istirahat singkat setiap 15-20 menit. Saya mengallihkan pandangan dari layar dan memfokuskan pada objek di kejauhan.

Gunakan Tetes Mata Insto Dry Eyes. Saya menggunakan Insto dry eyes yang merupakan obat tetes mata untuk mengatasi kekeringan dan menambah kelembapan  pada mata.

Insto dry eyes sebagai solusi mata kering

Insto dry eyes memang menjadi salah satu untuk  #SolusiMataKering  #InstoDryEyes yang sudah terbukti  hasilnya. Karena  Insto dry eyes  memiliki kandungan khusus untuk  mengatasi gejala mata kering yakni Hydroxypropyl Methylcellulose 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.1 mg.

 Insto Dry Eyes juga dapat digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata yang biasanya terjadi pada penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia dan  juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu

Memiliki pengalaman mata kering akibat terlalu lama menatap layar membuatku kini selalu menyediakan Insto dry eyes di rumah. Sebelum gejala mata kering menjadi parah saya meneteskannya pada mata yang bermasalah. Efeknya di mata bermanfaat untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat menatap layar terlalu lama, kurangnya air mata, atau seperti saat berada di tempat yang dingin.

 

 

 

1 komentar untuk "Insto Dry Eyes Resiko Mata kering yang Jadi Drama"

  1. Insto adalah pilhan utama untuk masalah kesehatan mata. Bentuknya praktis, mudah dibawa kemana-mana. Harganya juga cukup terjangkau dan tentu, manfaatnya luar biasa.

    BalasHapus